Pages

Yang membuat hidup galau


Dalam sehari banyakan mana antara kita merasa senang atau merasa sedih. Dari setiap jawaban masing-masing orang pastinya berbeda. Ada yang mengatakan kalau harinya dilalui dengan penuh kebahagiaan. Dan ada pula yang mengatakan kalau harinya dilalui dengan penuh kesedihan. Intinya dalam kehidupan setiap insan pasti merasakan adakalanya bahagia dan kadang duka.
Lantas bagaimana seharusnya kita menyikapi keadaan tersebut. Dalam Islam, ada ungkapan sabar dan syukur. Kedua sikap tersebut layaknya dimiliki setiap muslim. Sabar ketika dia mendapat cobaan. Dan dia bersyukur ketika mendapat nikmat dari Allah. Sebagaimana sabda nabi, "Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya" (HR. Muslim).
Sungguh beruntung menjadi mukmin itu, semua kejadian yang dialaminya akan berbuah pahala. Bagaimana tidak? ketika mendapat kesenagan dia bersyukur dan mendapat pahala. Dan ketika tertimpa kesusahan dia mampu bersabar maka dia mendapatkan pahala juga.
Kalau kita bisa memahami, ternyata tidak ada kejadian yang kita rasakan dan alami yang membuat kita galau, resah, dan gelisah. Karena semuanya tergantung dari cara kita menyikapinya, bukan pada permasalahannya. Bisa jadi masalah itu tidak berubah, akan tetapi ketika kita menyikapinya dengan bijak bisa jadi masalah itu tidak lagi jadi masalah.
Jadi tidak ada kata "galau" dalam hidup ini. Galau bagi seorang mukmin apabila dirinya tidak bisa sholat berjama'ah lima waktu. Tidak bisa bangun untuk sholat lail. Tidak bisa sholat dhuha setiap pagi. Tidak bisa membaca Qur'an setiap harinya. Tidak bisa bersedekah. Tidak bisa membantu dan meringankan beban saudaranya. Dan tidak bisa berbuat kebaikan dan amal sholeh. Wallahu a'lam bish shawab.

Panceng, Gresik, 29 Mei 2014


2 komentar:

Luqman Hakim said...

Jadi ada "galau" yang positif ya....trus, gak usah dibuang sebagaimana di gambar dong...hehe..

Unknown said...

Galau galau hehehe...

Post a Comment

 

ROQIT'S BLOG Copyright © 2010-2014 | Powered by Blogger