Pages

Sabar menghadapi cobaan

Setiap manusia pasti merasakan nikmat dan kebahagiaan. Namun, kenikmatan dan kebahagiaan ialah sesuatu yang datang secara tiba-tiba dan tidak abadi. Manusia bahagia karena memiliki anak, lalu ia meninggalkan mereka atau mereka lebih dahulu meninggalkannya. Manusia senang karena hartanya banyak, lalu harta tersebut akan ia tinggalkan untuk orang yang mewarisinya yang terkadang tak bisa menjaganya. Manusia juga senang karena kedudukannya yang tinggi, lalu ia meninggalkannya untuk menghadap Allah. Malah kedudukan ini terkadang membuatnya masuk ke dalam neraka.
Aneh sekali peristiwa yang dilalui manusia! Berapa banyak manusia bahagia karena hal-hal yang pada hakikatnya akan menjerumuskannya ke neraka? hanya Allah tempat memohon perlindungan.
Jika demikian, kebahagiaan dan kesenangan duniawi bukanlah segalanya. Alangkah indahnya ungkapan seorang penyair:
Sabarlah pada setiap musibah dan tabahlah
Sadarlah bahwa seseorang itu tak akan abadi
Sabarlah seperti sabarnya orang-orang mulia
Sebab semua itu hanyalah cobaan hari ini dan esok akan hilang
Orang-orang shalih ketika ditimpa musibah maka mereka mengatakan: Jika aku ditimpa musibah, aku akan memuji Allah karena empat hal: aku memuji Allah karena tidak ditimpa musibah yang tidak lebih besar dari ini, aku memuji-Nya karena Dia menganugerahiku kesabaran dalam menghadapinya, aku memujinya karena Dia menunjukkanku untuk membaca istirja' (ucapan, "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un"), sehingga aku bisa mengharapkan pahala darinya, dan aku memuji-Nya karena Dia tidak menjadikan cobaan itu menimpa agamaku.

0 komentar:

Post a Comment

 

ROQIT'S BLOG Copyright © 2010-2014 | Powered by Blogger