Pages

Manfaat-manfaat puasa


Bagi teman-teman mungkin sudah ada yang tau tentang manfaat-manfaat puasa itu. Tapi apa salahnya kalau saya share tulisan ini bagi teman-teman yang belum pernah membaca, dan sekedar review bagi teman-teman yang sudah pernah membaca.
Kita sebagi muslim harus meyakini apa yang ada dalam Al Quran dan As Sunnah. Karena keduanya merupakan pedoman hidup kita. Pedoman yang akan mengantarkan kita kepada jalan kebenaran, jalan yang lurus, dan jalan yang diridhio Allah Swt.
Diantara jalan-jalan itu, ada salah satu jalan untuk menggapai ridho Ilahi tersebut, yaitu puasa. Tentunya masih banyak hal-hal yang diajarkan Allah dan Rasulullah kepada kita. Namun dalam tulisan ini saya akan fokuskan pada puasa saja.
Baik teman-teman, ternyata diantara manfaat-manfaat puasa secara spiritual adalah berfungsi untuk:
-          Membiasakan orang yang berpuasa untuk bersikap sabar.
-          Menguatkan kesabarannya.
-          Mengajarkan pengendalian diri.
-          Membantunya dalam mengendalikan diri.
-          Memunculkan sifat takwa dalam diri dan mengembangkannya.
Apalagi sifat takwa adalah alasan utama diwajibkan puasa,  Allah Ta’ala berfirman,

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Al-Baqarah : 183).
Adapun manfaat secara sosial, puasa membiasakan umat islam teratur, bersatu, cinta keadilan, cinta persamaan, membentuk perasaan kasih sayang, akhlak berbuat baik, melindungi masyarakat dari keburukan dan kerusakan. Itulah manfaat puasa dari segi sosial, yang akan menjadikan kita mempunyai kecerdasan sosial. Dan tentunya realisasi kita dalam hablum minannas.
Diantara manfaat puasa dari segi kesehatan adalah, puasa itu akan mebersihkan usus-usus, memperbaiki lambung, membersihkan badan dan kotoran-kotoran, dan meringankan badan dari himpitan kegemukan, karena disebutkan dalam hadits bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam bersabda,
صُوْمُوْاتَصِحُّوْا
Puasalah kalian, niscaya kaliyan sehat.” (Diriwayatkan Ibnu As-Sunni, dan Abu Nu’aim. As Suyuthi meng-hasan-kan hadits ini).
Itulah beberapa manfaat puasa, dari segi spiritul, sosial dan kesehatan. Semoga kita  mampu melaksanakan apa yang telah menjadi perintah Allah dan rasul-Nya. Dan semoga kita diberikan kekuatan agar istiqomah dalam menjalankan perintah-Nya. Amin. Wallahu a’lam bishowab.

0 komentar:

Post a Comment

 

ROQIT'S BLOG Copyright © 2010-2014 | Powered by Blogger